"Karna itu perhatikanlah dengan seksama, bagaimana kamu
hidup. Jangan seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif. Dan
pergunakanlah waktu yang ada, karena hari - hari ini adalah jahat. Sebab
itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti
kehendak Tuhan." (Effesus 5 : 15 -17)
Semua orang dalam kehidupan ini mempunyai modal waktuyang sama yaitu
24jam setiap hari, hanya saja pemanfaatnya tergantung setiap pribadi :
Ada orang yang memakai sebagian besar waktunya untuk belajar,
bekerja, ataupun kesenangan pribadi. Tidak ada yang salah dalam
pemakaian waktu karena setiap manusia diberikan kehendak bebas. Namun
kebebasan manusia bukanlah kebebasan tanpa batas namun sebuah kebebasan
yang bertanggung jawab. Dan Prinsip hidup orang Kristen adalah
Galatia 2 : 20 "Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri
yang hidup. melainkan Kristus yang hidup didalam aku, dan hiduku yang
kuhidupi sekarang didalam daging. Adalah hidup oleh iman dalam Anak
Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
Dalam kehidupan ini seringkita merasa sibuk sekali bahkan seakan akan
waktu 24 jam itu kurang kalau kita pakai menyelesaikan pekerjaan kita.
Untuk itu seorang remaja atau manusia harus pandai - pandai memanfaatkan
waktu yang ada. Ada banyak teori tentang menejemen waktu, salah satu
yang saya dapat dari browsing :
Manajemen Waktu Merupakan Awal Sebuah Keberhasilan"Manajemen waktu
penting dalam pencapaian sebuah keberhasilan. Sebab dengan manajemen
waktu yang baik, kegiatan dapat terjadwal rapi dan semuanya
terselesaikan." belajar disiplin, manajemen waktu, skala prioritas, tips
bisnis Pada dasarnya setiap orang memiliki modal waktu yang sama, 24
jam dalam sehari. Tapi mengapa ada sebagian orang yang dengan
aktifitasnya mengaku “sibuk”, padahal jadwal kegiatannya “tak sesibuk”
orang lain yang jauh lebih padat dan powerfull. Dalam rentang waktu yang
sama, bisa jadi 2 orang yang berbeda menghasilkan output yang berbeda,
baik jumlah maupun kualitasnya. Mengapa? Kondisi itulah yang menunjukan
bahwa adanya manajemen waktu sangatlah penting dalam pencapaian sebuah
keberhasilan. Sebab dengan manajemen waktu yang baik, seluruh
kegiatan dapat terjadwal rapi dan semuanya terselesaikan. Langkah apa
sajakah yang perlu dilakukan dalam mengatur waktu yang baik dan efektif?
Mari kita bahas bersama tips-tips manajemen waktu yang bisa Anda
terapkan setiap harinya.
1. Mulailah dengan membuat skala prioritas.
Ketika tugas atau pekerjaan kita menumpuk, waktu 24 jam per hari
rasanya tidak cukup untuk menyelesaikan semua tugas tersebut. Untuk itu
buatlah skala prioritas pekerjaan manakah yang paling penting dan harus
segera diselesaikan, serta pekerjaan manakah yang bisa dikerjakan
belakangan. Dengan begitu semua target Anda dapat terselesaikan tepat
pada waktunya.
2. Belajar disiplin dan tidak menunda pekerjaan.
Membiasakan diri untuk disiplin dalam mengerjakan
semua pekerjaan, mendorong kita untuk segera menyelesaikannya langsung
tanpa harus menunda-nunda. Sebab semakin lama kita menunda sebuah
pekerjaan, maka semakin besar pula rasa malas yang kita bangun. Hal
inilah yang membuat pekerjaan kita hanya akan menumpuk, tanpa ada yang
terselesaikan dengan tuntas. Karena itu membangun disiplin diri menjadi
langkah awal bagi Anda untuk bisa sukses menjalankan manajemen waktu
yang sudah direncanakan.
3. Buatlah jadwal sebagai alat bantu manajemen waktu.
Salah satu alat bantu yang dapat mengingatkan Anda dengan segala
pekerjaan yang harus diselesaikan yaitu jadwal kegiatan Anda. Usahakan
Anda memiliki jadwal rencana kegiatan harian, dan pastikan Anda
mencantumkan pekerjaan apa saja yang harus Anda selesaikan pada hari
itu. Jadi, Anda mengingat setiap pekerjaan yang harus segera
diselesaikan dan dapat mengatur waktunya dengan baik.
4. Upayakan selalu fokus dan tuntaskan setiap pekerjaan Anda.
Mengerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan tentunya
tidak akan menghasilkan output yang optimal. Lebih baik kita fokus
untuk menuntaskan satu tugas terlebih dahulu, baru selanjutnya kita
mengerjakan tugas berikutnya. Cara ini sangat membantu Anda untuk
bekerja secara efektif, sehingga semua tujuan Anda dapat tercapai sesuai
dengan target waktunya.
5. Hargailah setiap waktu yang Anda habiskan.
Manfaatkan setiap waktu yang Anda habiskan sesuai dengan
kebutuhannya. Misalnya saja saat jam kerja, maka gunakan tenaga dan
pikiran Anda untuk fokus menyelesaikan pekerjaan dan tugas Anda. Begitu
juga pada saat jam istirahat, hargai serta manfaatkanlah untuk refresing
dan sejenak mengistirahatkan pikiran Anda. Sehingga pada saat masuk jam
kerja, pikiran dan tenaga Anda siap digunakan untuk bekerja kembali
secara optimal. Dengan menghargai waktu yang Anda miliki sesuai dengan
porsinya, maka setiap jam yang Anda lewati akan memberikan manfaat bagi
Anda.
Pastikan tidak ada waktu Anda yang terbuang sia-sia, karena manajemen waktu merupakan awal sebuah keberhasilan Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar