Memberi Dalam Kekurangan


“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak daripada semua orang ini.” ( Lukas 21:3 )

Cerita yang terdapat di dalam Firman Tuhan ini sangat menarik. Yesus sedang berada Bait Suci. Yesus memperhatikan orang-orang yang sedang memberi persembahan. Banyak orang-orang kaya memberi persembahan dan secara tiba-tiba ada yang menarik perhatian Yesus. Seorang janda miskin memberi persembahan sebanyak ‘dua peser’ atau satu duit. Yesus berkata kepada murid-muridNya: janda miskin ini memberi lebih banyak daripada yang lain. Bagaimana mungkin yang diberi janda itu lebih banyak? Sebab janda itu memberi semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya sedangkan orang-orang kaya memberi dari kelimpahannya.


Janda miskin ini memberikan 2 peser, artinya jika dia mau memberikan lebih sedikit masih bisa dia lakukan, dia bisa memberikan 1 peser, tetapi bukan itu yang dia lakukan, dia memberikan seluruh yang dia miliki, sehingga Yesus mengatakan persembahan janda itu jauh lebih banyak dari persembahan orang lain yang hanya mempersembahkan sesuatu dari kelimpahannya. Di mata manusia mungkin apa yang diberikan ibu janda tersebut tidaklah berarti apa-apa dibandingkan jumlah besar pemberian orang-orang kaya. Tapi lihatlah bahwa Tuhan melihat apa yang tidak dilihat oleh orang.

Ingatlah bahwa Tuhan melihat semua yang kita lakukan. Tidak ada satupun yang luput dariNya. Mungkin kita saat ini belum mampu memberikan jumlah yang besar, tapi kita tidak perlu malu, kecil hati apalagi risau akan hal itu. Secara nominal mungkin kecil, namun di mata Tuhan itu sangat berarti jika kita memberikan yang terbaik dengan sukacita. Manusia mungkin melihat jumlahnya, tapi Tuhan melihat hati kita ketika Sekecil apapun itu, jika kita melakukannya dengan didasari hati yang benar, itu semua akan berarti sangat besar di mata Tuhan.

Berilah semampu kita, namun dalam konteks memberikan yang terbaik dari apa yang kita miliki. Kita tidak perlu takut kekurangan, karena bukankah kita punya Tuhan yang selalu mampu mencukupi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di blog Hati Gembira Ito'e Obat, Terima kasih telah berkunjung di blog Personal saya.. Semoga anda senang!! GBU all.