Menampilkan Citra Siswa Kristen

Kata ‘murid atau siswa’ dalam bahasa Yunani disebut mathetes yang secara harafiah berarti orang yang belajar (dari kata: methano, yang artinya: belajar) atau orang yang mengikuti pelajaran seseorang. Dalam hal ini, siswa merupakan duplikat atau imitasi gurunya. Di dalam bahasa Inggris kata murid adalah disciple, yang diturunkan dari bahasa Latin: discipulus, yang di dalamnya terkandung arti: seorang pengikut yang setia.

Siswa adalah orang yang selalu bersama-sama dengan gurunya di manapun gurunya berada. Tapi, seorang pengikut hanyalah orang yang ada dan bersama-sama dengan gurunya pada saat-saat tertentu. Ciri-ciri menjadi siswa ialah memberikan kehidupannya hanya untuk belajar.

Dalam pengertian Alkitab, bahwa murid atau siswa adalah seorang pengikut (Follower). Jadi, siswa Kristen bukan saja bertujuan untuk mencari ilmu pengetahuan tapi juga pengabdian diri kepada Tuhan Yesus. Jadi siswa Kristen adalah orang-orang yang mau diajar dan belajar tentang kebenaran firman Tuhan dan mau mengikut serta mengabdikan diri kepada Dia.

Tuhan Yesus adalah teladan utama (Roma 8 : 29). Siswa Kristen patut belajar dari teladan-Nya. Richarth Kulfa mengemukakan yang dapat di jadikan sebagai bahan pelajaran bagi kehidupan siswa Kristen, yaitu :
  1. Kesadaran bahwa menampilkan citra kristus merupakan tugas utamanya di dalam kehidupanya.
  2. Meneliti kehidupan Tuhan Yesus dan menjadikannya sebagai teladan utama.
  3. Memetik berbagai aspek dari keteladanan Yesus dan perkataan-perkataan hikmat dalam Alkitab untuk di jadikan arah perkembangan diri dan karyanya.
  4. Membedakan dengan sadar nilai-nilai kristiani dengan yang bukan.
  5. Memiliki gaya hidup,penampilan dan gaya kerja yang unik serta keberanian mengambil resiko besar.
  6. Mampu mengkomunikasikan visi dan panggilanya (Misi). 
Menampilkan citra Kristen berarti menyelidiki dan mengubah diri terus-menerus sehingga semakin serupa dengan citra Kristus (Roma 8:29). Hal yang sangat mendasar di dalam menampilkan citra diri sebagai pengikut Kristus adalah: selarasnya antara pemahaman mengenai Yesus Kristus yang penuh kasih,rendah hati, tulus,dengan pikiran dan perkataan dan perbuatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di blog Hati Gembira Ito'e Obat, Terima kasih telah berkunjung di blog Personal saya.. Semoga anda senang!! GBU all.